Manfaat Serum Retinol dalam Rutinitas Penggunaan Skincare

Salah satu hasil dari rutin menggunakan skincare adalah merasakan manfaat serum retinol. Bahan dalam perawatan kulit ini dikenal melindungi wajah dari garis-garis halus penyebab penuaan dini dan membantu menyembuhkan jerawat.

Kandungan retinol sangat ampuh terutama ketika ditambahkan ke dalam produk-produk perawatan wajah. Hal ini membuatnya mampu mendorong pemerataan warna kulit, mengatur pergantian sel kulit, mengurangi jerawat, hingga meningkatkan produksi kolagen.

Manfaat Serum Retinol untuk Kesehatan Kulit

Retinol pada dasarnya merupakan turunan dari vitamin A, yaitu salah satu nutrisi utama tubuh dalam meningkatkan pergantian sel. Kandungan retinol harus diubah menjadi retinoat agar dapat bekerja lebih lama dalam kulit.

Bahan perawatan wajah ini selalu dipuji dan diandalkan karena manfaat serum retinol sangat banyak seperti pada penjelasan berikut.

1.      Menunda Penuaan Dini

Sebagian besar alasan penggunaan retinol untuk mengurangi tanda-tanda penuaan semacam kerutan dan garis halus. Kulit membutuhkan kolagen supaya elastisitas dan kepadatannya tetap terjaga. Namun semakin bertambah usia, produksi kolagen semakin menurun.

Maka retinol mampu mengisi peran tersebut untuk memperlambat munculnya penuaan dini. Kandungan di dalamnya bekerja menghalau paparan sinar UV berlebihan sehingga meminimalisir flek hitam yang juga dapat memicu kanker.

2.      Memudarkan Hiperpigmentasi

Manfaat serum retinol terbukti ampuh memudarkan hiperpigmentasi atau warna kulit yang tidak merata. Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak gelap di wajah akibat terkena bekas jerawat maupun paparan sinar UV terlalu lama.

3.      Memperbaiki Tekstur Kulit

Kandungan retinol dipercaya mampu memperbaiki tekstur kulit. Siklus regenerasi kulit biasanya perlu waktu 3 – 4 minggu secara alami. Retinol membantu mempercepatnya agar wajah tampak cerah, sehat, lembap, dan halus.

4.      Mengeringkan Jerawat

Kandungan retinol juga terbukti ampuh membantu mengeringkan sisa-sisa jerawat. Jerawat muncul karena tumpukan kotoran, minyak, sisa make up yang menyumbat pori-pori. Maka penggunaan retinol dipercaya dapat menjaga kebersihan pori-pori tersebut.

Baca Juga :  Toner Pencerah Kulit Sebagai Solusi Perawatan yang Aman

Selain masalah jerawat, manfaat serum retinol juga untuk mengatasi rosacea atau munculnya kemerahan di wajah. Tapi untuk mengatasi rosacea, penggunaan retinol harus bertahap dan perlahan seperti 1 – 2 kali seminggu saja.

Usia Berapa Sebaiknya Mulai Menggunakan Serum Retinol?

Retinol adalah salah satu kandungan dalam produk skincare yang cara penggunaannya harus teratur, bertahap, dan diperhatikan. Maka dari itu, ketika pertama kali menggunakan retinol, sebaiknya gunakan yang kandungannya lebih rendah dahulu.

Nantinya ketika kulit sudah mulai beradaptasi dan menerima bahan retinol tersebut, maka kandungan aktif dalam retinol dapat ditambahkan. Ingat, penambahan persentase kandungan retinol sebaiknya jika kulit memang membutuhkan saja.

Lalu kapan sebaiknya dapat menggunakan retinol? Manfaat serum retinol dapat bekerja secara optimal ketika memasuki usia 20 tahun ke atas sebagai langkah pencegahan munculnya kerutan dan garis-garis halus.

Sebenarnya usia 30 tahun adalah usia yang tepat untuk mulai memasukkan retinol ke dalam rangkaian skincare. Namun saat ini banyak perempuan yang mulai menggunakannya sebelum memasuki usia 30 tahun.

Biasanya dikarenakan sudah mulai muncul tanda-tanda awal penuaan. Contohnya bintik-bintik hitam, kerutan di sekitar mata, atau sekadar ingin mencegah lebih awal sesuai saran dokter kulit.

Namun pada intinya, penggunaan retinol tergantung pada masalah kulit masing-masing orang. Jika Anda mengalami masalah jerawat di usia muda, maka itu adalah waktu yang tepat untuk mulai mempertimbangkan penggunaan serum retinol.

Meskipun dikenal sebagai bahan bagus untuk skincare, tetapi ada situasi di mana kandungannya tidak direkomendasikan untuk beberapa jenis kulit. Jadi konsultasikan dengan dokter kulit sebelum mulai menggunakan rangkaian manfaat serum retinol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *