Cara Menggunakan Body Scrub yang Benar Agar Tidak Iritasi

Rahasia kecantikan dan kesehatan kulit adalah dengan memahami cara menggunakan body scrub yang benar. Sayangnya salah satu produk perawatan badan ini sering dilupakan atau dianggap sepele padahan perannya penting sebagai eksfoliator.

Rata-rata 50.000 sel kulit mati lepas dari kulit tubuh orang dewasa. Lepasnya sel kulit mati ini harus didukung dengan body scrub agar tidak menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Manfaat Rutin Menggunakan Body Scrub untuk Kesehatan Kulit

Body scrub adalah salah satu produk body care yang berfungsi melepaskan sel kulit mati. Bahan dasarnya dari garam atau gula yang bekerja membersihkan kulit agar terasa lembut, cerah, kenyal, dan bernutrisi.

Cara menggunakan body scrub yang benar dapat memberikan dampak maksimal pada kulit. Namun yang perlu diperhatikan bahwa rangkaian body care ini tidak boleh digunakan pada wajah karena perbedaan ketebalan kulit.

Kulit wajah lebih tipis dan sensitif dibandingkan kulit di anggota tubuh lainnya. Butiran scrub lebih kasar juga tebal karena memang diproduksi untuk dioleskan pada tubuh.

Kandungan bahan aktif dalam scrub badan memiliki konsentrasi asam yang kuat yang tentunya tidak sebanding dengan produk skincare wajah. Body scrub dapat digunakan sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

Body scrub bekerja dengan merangsang pergantian sel kulit mati yang membuat tubuh lebih halus, cerah, lembap. Cara menggunakan body scrub yang tepat yaitu setelah berendam agar pengelupasan kulit lebih optimal.

Sejumlah manfaat yang Anda terima setelah rutin menggunakan body scrub adalah kulit terasa lebih sehat, penundaan penuaan dini, menghilangkan tekstur kulit yang kusam, mempercepat pergantian sel kulit.

Adapun cara menggunakan body scrub berbeda dengan lulur karena keduanya merupakan 2 produk body care berbeda. Tekstur scrub badan berupa butiran kecil, sedangkan lulur menyerupai masker wajah.

Baca Juga :  Toner Pencerah Kulit Sebagai Solusi Perawatan yang Aman

Dilihat dari komposisi bahan, body scrub terbuat dari bahan alami ditambah bahan kimia tambahan seperti aroma sintetis dan pengawet. Sedangkan lulur terbuat dari bahan alami seperti rempah-rempah, tanaman herbal, minyak esensial.

Cara Menggunakan Body Scrub Sesuai Anjuran

Dari sejumlah manfaat body scrub di atas, terbukti produk body care ini mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan kulit. Mulailah menggunakan body scrub dengan mengikuti anjuran langkah-langkah berikut agar tidak iritasi.

1.      Bilas dengan Air Bersih

Tahap pertama adalah membilas tubuh dengan air bersih dahulu. Anda juga bisa mandi dengan air hangat sebelumnya untuk membantu membuka pori-pori agar eksfoliasi tubuh bekerja maksimal.

2.      Oleskan Body Scrub Secukupnya

Aplikasikan body scrub ke seluruh tubuh seperti tangan, kaki, leher, lengan, dada, punggung secara merata dan secukupnya. Gunakan gerakan memutar saat mengoles dan gosok dengan lembut.

3.      Pijat Kulit dengan Lembut

Cara menggunakan body scrub berikutnya adalah memijat bagian yang dioles tadi dengan lembut untuk memberi efek relaksasi. Setelah itu diamkan selama 5 – 10 menit sampai kering dan sel kulit mati terangkat.

4.      Bilas dengan Air Bersih

Bilas dengan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa body scrub. Gosok dengan lembut dan pastikan tidak ada yang mengendap di dalam pori-pori. Kemudian keringkan menggunakan handuk kering dan lembut agar tidak iritasi.

5.      Gunakan Pelembap

Langkah terakhir adalah menggunakan pelembap seperti body lotion atau body serum. Pelembap juga harus sesuai dengan tipe kulit Anda. Tujuannya untuk menjaga kelembapan tubuh dan terhidrasi sepanjang hari.

Body scrub harus digunakan hati-hati agar tidak merusak kulit. Jika mengoleskannya terlalu kasar akan iritasi akibat butiran-butiran scrubnya. Untuk hasil maksimal, pastikan cara menggunakan body scrub tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Cara Mencerahkan Kulit secara Alami dengan Mudah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *