Mengenal Jenis-Jenis Body Care untuk Merawat Kesehatan Kulit

Untuk merawat tubuh dengan maksimal, terdapat jenis-jenis body care yang dapat digunakan. Body care membantu kulit lebih sehat, mencegah paparan sinar matahari berlebihan, membersihkan dari sisa-sisa debu di pori-pori, dan lain-lain.

Produk perawatan tubuh yang tepat dapat menjaga kesehatan fisik maupun emosional. Body care mampu merawat kulit agar tidak rusak, menjaganya tetap sehat, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Jenis-Jenis Body Care yang Perlu Anda Ketahui

Selain wajah, anggota tubuh lain seperti tangan, kaki, leher, punggung, juga perlu Anda perhatikan kebersihan dan kesehatannya. Berikut macam-macam body care yang dapat digunakan untuk menunjang kesehatan kulit tubuh Anda.

1.      Body Wash

Body wash atau sabun pembersih tubuh adalah produk perawatan mendasar yang tentunya dimiliki semua orang. Body wash terbuat dari berbagai formula, aloe vera, dan minyak esensial untuk meningkatkan kelembapan kulit.

2.      Body Scrub

Body scrub merupakan rangkaian jenis-jenis body care yang digunakan saat mandi. Bahkan beberapa produk body scrub dirancang untuk menggantikan body wash. Secara garis besar, body scrub ini berperan sebagai eksfoliator.

Selain mengangkat sel kulit mati, body scrub mampu mencegah penuaan dini, jerawat punggung, dan masalah kulit lainnya.

3.      Body Lotion

Setelah mandi, Anda wajib mengoleskan hand and body lotion sebagai pelembap. Biasanya kulit cepat mengering setelah mandi. Body lotion memiliki kandungan untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

4.      Body Butter

Jenis-jenis body care selanjutnya adalah body butter atau pelembap tubuh. Teksturnya kental, terbuat dari bahan alami seperti butter shea. Body butter cocok untuk tipe kulit kering karena memberikan perawatan ekstra.

Namun jenis kulit kombinasi lainnya juga boleh menggunakan body butter. Sebab tetap ada bagian tubuh seperti siku, lutut, dan tumit yang rentan kering dan membutuhkan perlindungan ekstra agar tetap lembap.

Baca Juga :  Perawatan Kulit Probiotik untuk Wajah dan Cara Kerjanya

5.      Body Oil

Body oil terbuat dari minyak alami seperti jojoba, minyak almond, ataupun minyak argan. Fungsinya mengunci kelembapan sekaligus sebagai anti penuaan dengan mengurangi munculnya kerutan atau garis-garis halus.

6.      Body Serum

Body serum adalah salah satu dari rangkaian produk jenis-jenis body care yang merawat kulit langsung dari akar masalahnya. Di dalamnya terkandung vitamin C, hyaluronic acid, dan AHA. Body serum memiliki tekstur cair sehingga mudah menyerap, tidak berminyak, tidak lengket.

7.      Body Mist

Serupa dengan parfum, body mist termasuk dalam golongan wangi-wangian yang lebih ringan. Body mist berperan memberikan aroma segar pada tubuh dan meningkatkan rasa percaya diri ketika bertemu orang lain.

Body mist mengandung campuran minyak esensial yang dicampur dengan alkohol ringan untuk memberi aroma menenangkan. Namun perlu diketahui bahwa aroma body mist tidak terlalu tahan lama seperti parfum karena kandungannya ringan.

8.      Sunblock

Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, maka jenis-jenis body care yang wajib digunakan adalah sunblock. Sinar UV berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini, sunburn, bahkan kanker kulit. Maka pilihlah sublock dengan kandungan SPF 30 atau yang lebih tinggi agar kinerjanya lebih maksimal.

9.      Deodorant

Deodoran adalah produk perawatan tubuh untuk ketiak. Fungsinya mengontrol bau badan sekaligus menjaga kesegaran meskipun banyak beraktivitas. Anda dapat menggunakan deodoran tipe roll on, stick, hingga semprotan sesuai preferensi.

Menggunakan produk perawatan tubuh harus berkualitas agar mendapatkan hasil terbaik. Jangan abaikan kesehatan kulit Anda dengan rajin menggunakan jenis-jenis body care di atas agar lebih sehat dan meningkatkan kepercayaan diri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *