Tanda dan Tips Mencegah Penuaan Dini yang Perlu Diketahui

Hampir semua wanita sudah pasti selalu melakukan berbagai cara untuk mencegah penuaan dini. Pasalnya aging merupakan satu dari sekian banyaknya permasalahan kulit yang banyak ditakuti oleh wanita.

Memiliki tampilan wajah yang sempurna dan sehat terawat tentu menjadi impian semua wanita. Perawatan kecantikan dan penggunaan skincare menjadi salah satu cara yang dilakukan.

Hanya saja penuaan pada kulit menjadi satu fase yang pasti akan dialami oleh semua orang. Namun bukan berarti tidak bisa dicegah atau diperlambat prosesnya. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang ciri atau tanda terjadinya aging serta dan bagaimana mengatasinya.

Berikut Beberapa Tanda Penuaan Dini Pada Wajah

Aging pada wajah pasti akan terjadi karena memang merupakan bagian dari fase penuaan tubuh. Namun pada beberapa orang tertentu bisa terjadi lebih cepat di mana dipicu oleh beberapa hal.

Biasanya seperti kelembaban kulit kurang (dehidrasi), efek paparan sinar matahari dan radikal, kebiasaan begadang serta disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat sebagai contohnya kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Agar Anda tahu bagaimana caranya mencegah penuaan dini dengan tepat, maka kenali dulu gejalanya berikut ini.

1.      Muncul Kerutan atau Wrinkle

Tanda aging pada kulit paling umum dan cukup sering terlihat yaitu mulai munculnya kerutan atau wrinkle pada wajah. Area yang biasanya paling terlihat adalah mata, smile line dan area dahi.

Awalnya hanya berupa kerutan halus. Jika tidak segera diatasi maka akan menyebabkan garis halus tampak semakin jelas. Hal ini disebabkan elastisitas berkurang akibat menurunnya produksi kolagen.

2.      Kulit Cenderung Kering

Terjadinya penuaan pada wajah ditandai dengan berkurangnya kelembaban kulit. Kulit akan cenderung dehidrasi sehingga akan tampak kering dan kendur.

Baca Juga :  Skincare untuk Kulit Sensitif Perawatan yang Aman dan Efektif

3.      Warna Kulit Tidak Merata

Proses aging juga ditandai dengan adanya hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini bisa terjadi lebih cepat dan bahkan lebih buruk jika tidak menggunakan sunscreen padahal sering terpapar sinar UV.

Jika tidak segera diatasi maka akan menimbulkan flek atau noda hitam di wajah. Sehingga hal ini akan membuat tampilan warna kulit menjadi tidak merata.

Sebenarnya proses penuaan pada kulit sudah dimulai sejak memasuki usia 20 tahun ke atas. Seiring dengan bertambahnya usia, apalagi jika perawatan kulit dan gaya hidup tidak sehat maka beberapa tanda diatas bisa terjadi lebih cepat.

Cara Mengatasi dan Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Sebenarnya aging merupakan proses alami kulit yang akan dialami oleh semua orang. Hanya saja agar tidak terjadi lebih awal, perlu dilakukan beberapa cara untuk mencegah penuaan yaitu:

1.      Jaga Kelembaban Kulit

Hal pertama dan paling dasar yang perlu dilakukan agar aging tidak terjadi lebih cepat adalah dengan menjaga kelembaban kulit. Ketika hidrasi berkurang maka akan memicu terjadinya dehidrasi pada kulit sehingga wajah cenderung terlihat kering. Akibatnya kerutan akan lebih muncul.

2.      Gunakan Skincare Anti Aging

Sejak memasuki usia 20 tahun sangat disarankan untuk mulai fokus terhadap anti aging skincare. Hal ini karena penuaan pada kulit terjadi mulai usia 20 tahun ke atas. Jika ingin lebih praktis maka Anda bisa membeli paket skincare khusus anti aging untuk mencegah penuaan dini.

Atau bisa juga dengan cara mengkombinasikan beberapa produk. Namun pastikan bahwa kandungan setiap produk yang Anda gunakan tidak saling bersebrangan. Tujuannya adalah agar tidak terjadi iritasi.

3.      Rutin Exfoliasi Wajah

Selain menurunnya produksi kolagen seiring dengan bertambahnya usia juga boleh dalam meregenerasi sel juga ikut menurun. Untuk itulah Anda harus mulai menambahkan exfo ke dalam skincare treatment. Lakukan exfo 2 – 3 kali dalam satu minggu. Pilih formulasi bahan yang gentle agar meminimalisir terjadinya reaksi iritasi pada kulit.

Baca Juga :  Pentingnya Menggunakan Skincare Eksfoliasi Wajah yang Benar

4.      Gunakan Serum Vitamin C di Pagi Hari

Aging juga ditandai dengan seringnya muncul flek hitam pada wajah. Untuk membantu mencegah penuaan dini atau mencegah timbulnya hiperpigmentasi, maka tambahkan skincare dengan kandungan vitamin C.

Kandungan vitamin C tersebut bisa terdapat pada toner, serum maupun moisturizer. Gunakan secara rutin terutama pada pagi hari. Kombinasi bahan vitamin C dengan sunscreen akan menjadi senjata ampuh untuk melawan aging pada wajah.

5.      Pakai Sunscreen

Sunscreen menjadi item wajib digunakan pada skincare pagi hari. Penggunaannya juga harus diulang setiap 3 sampai 4 jam sekali. Terutama jika potensi terpapar sinar UV lebih besar.

Namun ini juga berlaku bagi Anda yang beraktivitas di dalam ruangan. Penggunaan sunscreen harus tetap dilakukan karena sinar UV bisa saja masuk melalui celah jendela maupun kaca.

Dengan menerapkan tips di atas sekaligus mengenali tanda aging maka akan membantu Anda dalam mencegah penuaan dini agar kerutan halus dan flek bisa diperlambat kemunculannya.

Info : cek cara hidup sehat, berita, olahraga, bisnis klik disini suksesdaily.com dapatkan lebih banyak informasi seputar kehidupan. Agar memberikan anda wawasan lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *