Tips Eksfoliasi Kulit Wajah dan Manfaatnya Bagi Kecantikan

Tahukah Anda bahwa eksfoliasi kulit wajahwajib masuk ke dalam perawatan kecantikan. Pasalnya exfo menawarkan banyak sekali manfaat. Sehingga sudah sewajarnya semua wanita menerapkan tahapan ini.

Bagi yang belum terbiasa melakukan perawatan kecantikan secara detail mungkin melakukan eksfoliasi terdengar merepotkan. Namun bagi mereka yang sudah terbiasa maka akan sangat perawatan yang dilakukan tidak maksimal. Agar Anda tahu seberapa pentingnya exfoliating, maka simak penjelasan mengenai manfaat dan tips exfo berikut ini.

Ketahui Manfaat Eksfoliasi Kulit Wajah

Untuk bisa mendapatkan wajah yang sehat terawat tidak cukup hanya sekedar menggunakan skincare saja. Apalagi jika sel kulit mati dibiarkan menumpuk maka kandungan bahan aktif dari skincare yang digunakan tidak akan bekerja secara maksimal.

Jika Anda masih ragu tentang exfo atau bahkan masih mengabaikan step skincare satu ini, maka sebaiknya simak beberapa manfaat eksfoliasi kulit wajah berikut ini.

1.      Skincare Bekerja Secara Optimal

Sel kulit mati ibarat penghalang skincare untuk masuk ke lapisan epidermis. Jika tidak dibersihkan, maka semua ingredients sebagus dan sebanyak apapun tidak akan memberikan efek pada wajah Anda.

Berbeda jika rutin dikelupas, maka kandungan yang digunakan akan menyerap secara optimal ke dalam kulit. Dengan begitu, maka permasalahan wajah akan segera teratasi dengan baik.

2.      Pergantian Sel Lebih Lancar

Sebenarnya sel dalam tubuh manusia dapat memperbarui secara otomatis dalam 28 hari. Namun jika dibantu penggunaan bahan aktif dalam sebuah skincare, maka secara otomatis proses regenerasi sel baru bisa dilakukan lebih awal.

Akibatnya, permasalahan wajah seperti noda hitam bekas jerawat, flek hitam, tekstur yang kasar dan lainnya bisa teratasi lebih cepat. Dengan begitu tampilan wajah akan terlihat lebih bersih.

Baca Juga :  Mengenal Jenis-Jenis Body Care untuk Merawat Kesehatan Kulit

3.      Tekstur Kulit Lebih Halus dan Merata

Sel kulit mati yang menumpuk ditambah dengan residu skincare, make up, sebum dan berbagai macam kotoran yang menempel di wajah harus rutin dibersihkan. Jika dibiarkan maka akan membuat tekstur wajah cenderung kasar. Namun jika eksfoliasi kulit wajah dilakukan secara teratur, akan membuat tekstur kulit jauh lebih halus dan merata.

4.      Mencegah Terjadinya Berbagai Permasalahan Kulit

Eksfoliasi juga dapat membantu dalam mencegah atau meminimalisir adanya permasalahan wajah yang lebih kompleks. Seperti jerawat, tekstur kasar atau gradakan, warna tidak merata dan wrinkle atau kerutan. Dengan semua manfaat yang ditawarkan diatas, maka sangat wajar jika exfo menjadi tahapan penting yang wajib dilakukan.

Begini Cara Eksfoliasi Kulit Wajah yang Benar

Jika Anda baru ingin mencoba menambahkan exfoliating pada skincare routine, maka sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

1.      Awali dengan Double Cleansing

Sebelum memulai exfoliating, pastikan Anda melakukan double cleansing lebih dulu. Bisa menggunakan milk cleanser maupun micelar water, kemudian dilanjutkan dengan face wash.

2.      Pilih Formula yang Aman

Jangan asal menggunakan skincare. Anda harus tahu apa saja kandungan bahan aktifnya. Sekaligus disesuaikan dengan tingkat sensitifitas dan permasalahan masing – masing. Sebagai permulaan, pilihlah bahan exfo yang gentle. Sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya iritasi.

3.      Kombinasikan dengan Skincare Hydrating

Perlu dipahami, bahwa bahan eksfoliasi kulit wajah biasanya cenderung keras yaitu AHA BHA dan PHA. Sehingga agar mencegah terjadinya iritasi, maka kombinasikan dengan toner maupun moisturizer yang fokusnya menghidrasi dan menenangkan.

4.      Jangan Berlebihan

Setelah pengelupasan dilakukan biasanya ketika dipegang kulit akan terasa bersih dan halus. Namun meskipun begitu jangan dilakukan terlalu sering. Idealnya exfo cukup dilakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Jenis Krim Wajah Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Jika menerapkan tips diatas, maka meskipun Anda pemula dalam skincare akan sangat terbantu karena membantu meminimalisir efek atau risiko iritasi setelah melakukan eksfoliasi kulit wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *