Pentingnya Pakai Hand and Body Lotion untuk Kelembapan Kulit

Salah satu rangkaian perawatan tubuh yang tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan hand and body lotion. Produk skincare ini sangat membantu area tangan, kaki, dan leher agar terjaga kelembapannya.

Terdapat kandungan bahan zat oklusif pada lotion yang bekerja mencegah hilangnya air dari kulit dengan cepat. Tidak heran semakin sering menggunakan lotion, maka kulit akan terasa lembap, halus, dan terhidrasi.

Manfaat Hand and Body Lotion Bagi Kulit

Selain wajah, tangan dan anggota tubuh lainnya juga memerlukan perawatan rutin. Penggunaan produk lotion dengan kandungan minyak mampu menarik air ke permukaan kulit kemudian berinteraksi dengan protein sehingga badan terasa halus.

Saat ini lotion menjadi produk perawatan tubuh paling mendasar yang sebaiknya dimiliki semua orang. Apalagi beberapa bagian tubuh sering mengalami dehidrasi sehingga terasa kering dan kasar, khususnya area sikut dan lutut.

Agar kekeringan tersebut tidak menimbulkan iritasi, maka lotion berperan penting menjaga kelembapannya. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan hand and body lotion setelah mandi saat badan masih lembap karena sisa air.

Lotion juga membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, melawan jerawat karena produksi kelenjar minyak berlebihan, dan menenangkan kulit sensitif. Sebagian besar lotion terbuat dari bahan dasar air sehingga mudah meresap ke dalam kulit.

Selain digunakan setelah mandi, lotion juga akan bekerja maksimal pada saat-saat tertentu. Misalnya sebelum olahraga di luar rumah untuk menjaga kelembapan kulit. Anda dapat mengoleskan lotion berbahan ringan dan mengandung SPF.

Kemudian setelah kegiatan mencukur di mana lapisan kulit baru saja terkikis. Maka pemakaian hand and body lotion setelahnya dapat mengurangi bagian terkikis tadi agar tidak mengering. Dalam hal ini lotion bekerja sebagai pelindung kulit.

Baca Juga :  Pentingnya Menggunakan Skincare Eksfoliasi Wajah yang Benar

lotion juga bisa digunakan sebelum tidur supaya kulit tubuh tidak kehilangan air selama tertidur. Penggunaan body lotion sebelum tidur bertujuan untuk menjaga kondisi kulit agar tidak kekeringan.

Hand and Body Lotion Bukan untuk Skincare pada Wajah

Lotion diproduksi untuk digunakan pada tangan, kaki, leher. Jadi lotion tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai skincare pada wajah. Area wajah lebih tipis dan sensitif daripada kulit anggota tubuh lainnya.

Selain itu lotion memiliki kandungan formula lebih berat dan berminyak daripada kandungan pada skincare wajah. Kandungan tersebut bekerja lebih keras untuk kulit badan yang cenderung tebal, sedangkan wajah tidak membutuhkannya.

Beberapa produk hand and body lotion yang beredar mengandung tambahan zat pewarna dan pewangi. Jika kandungan tersebut mengenai wajah, maka akan menimbulkan iritasi seperti masalah jerawat, ruam, komedo, bintik-bintik, dan lain-lain.

Bahkan ada juga kandungan berbahaya dalam lotion yang bukan hanya tidak baik untuk wajah, melainkan untuk kulit tubuh itu sendiri. Seperti butylated hydroxyanisole, DMS hydantoin, diethyl phthalate, retinyl palmitate, dan triethanolamine.

Seluruh zat tersebut ada yang berfungsi sebagai pengawet dengan kandungan formalin, pewangi bersifat racun untuk hormon, bahkan dapat menimbulkan tumor. Jika digunakan terus menerus akan menimbulkan iritasi, jerawat, hingga reaksi alergi.

Sebaliknya, pilihlah lotion dengan kandungan asam hialuronat dan ceramide. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kemampuan kulit dalam menahan air seiring waktu. Kelembapannya juga tidak berat sehingga cocok untuk jenis kulit berminyak.

Dibandingkan body cream atau body butter, lotion juga lebih ringan. Namun untuk jenis kulit kering, kinerja body lotion memang tidak sebaik body butter atau body cream.

Setidaknya kandungan vitamin E dan lemak esensial dalam body lotion mampu menjaga kulit terhidrasi. Untuk hasil maksimal, Anda dapat rutin mengoleskan hand and body lotion tepat setelah mandi.

Baca Juga :  Manfaat Krim Mata Anti Kerut untuk Kulit Lebih Muda dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *